BIOGRAFI ADAM SMITH


John Adam Smith adalah seorang berkebangsaan Skotlandia yang merupakan pelopor ilmu ekonomi modern. dia dikenal sebagai  “Bapak Ekonomi” dunia. Adam Smith lahir di kota Kirkcaldy, Skotlandia pada tanggal  5 Juni 1723 dan  meninggal dunia di kota Edinburgh Skotlandia pada tanggal  17 Juli 1790 pada usia 67 tahun. Hasil karyanya yang paling terkenal adalah buku yang berjudul: An Inquiry into the Nature and Causes of the Wealth of Nations (disingkat The Wealth of Nations) adalah buku ini merupakan buku pertama yang menggambarkan sejarah perkembangan perdagangan dan industri yang berada di Eropa serta dasar-dasar perkembangan perdagangan bebas dan kapitalisme.
Adam Smith adalah seorang  ekonom yang terkenal pada zamannya. "Economic Science" adalah tahapan untuk menggambarkan keadaan di Inggris sebelum industrialisasi Amerika muncul. Dia menjadi salah satu pelopor sistem ekonomi Kapitalisme. Sistem ekonomi ini muncul sekitar abad 18 di Eropa Barat dan pada abad 19 mulai terkenal disana. Adam Smith dikenal luas dengan teori ekonomi '"laissez-faire" yang mengumumkan perkumpulan di abad 18 Eropa. Smith percaya akan hak untuk mempengaruhi kemajuan ekonomi diri sendiri dengan bebas, tanpa harus dikendalikan oleh perkumpulan atau negara. Teori ini sampai mampu mengubah mayoritas kawasan Eropa menjadi daerah perdagangan bebas yang membuat kemungkinan akan adanya pengusaha.

 
Pendidikan
Ketika umur 13 tahun, Smith sudah memasuki Universitas Glasgow, dimana dia belajar filosofi tentang moral. Disini Smith mengembangkan keinginan yang kuat akan kebebasan, akal sehat, dan kebebasan berpendapat. Pada tahun 1740 dia mendapat anugrah Snell exhibition dan dapat memasuki Kampus Balliol, Oxford. Universitas Oxford dalam masanya hanya memberikan sedikit jika bantuan dan tidak menjadikan kerja seumur hidupnya. Ahkirnya Smith meninggalkan universitas itu tahun 1746. Dalam Buku ke V dari The Wealth of Nations, Smith berkomentar pada instruksi kualitas rendah dan aktivitas intelektual yang berjumlah sedikit dibandingkan dengan di Skotlandia. komentarnya ditujukan pada orang-orang yang dianugerahi kekayaan dari kampus-kampus Oxford dan Cambridge.
Tahun-Tahun Akhir
Pada tahun 1778 Smith ditunjuk untuk menduduki pos sebagai komisioner untuk cukai di Skotlandia dan hidup bersama ibunya di Edinburgh. Pada tahun 1783 dia menjadi salah satu pendiri Royal Society of Edinburgh dan dari tahun 1787 sampai 1789 dia mendapat posisi kehormatan Lord Rektor Universitas Glasgow. Dia meninggal dunia di Edinburgh pada tanggal 17 Juli 1790 karena sakit keras dan dimakamkan di Canogatw Kirkyard. Eksekutor literatur Smith ialah dua orang teman lama dari akademi dunia Skotlandia, fisikawan dan kimiawan Joseph Black, dan geolog pionir James Huton. Smith meninggalakan banyak catatan dan material yang tidak dipublikasikan, tetapi memberi instruksi untuk menghancurkan apapun yang tidak pantas dipublikasikan. Yang menjadi salah satu pengikut  kontemporer Adam Smith adalah John Millar.
Pengaruh
Hasil karya Adam Smith The Wealth of Nations merupakan salah satu usaha terawal untuk mempelajari bangkitnya industri dan perkembangan ekonomi di Eropa, yang merupakan kebangkitan dari ekonomi modern. Hal ini memberikan salah satu dorongan perkembangan  untuk perdagangan bebas dan kapitalisme, yang akan mempengaruhi secara luas ekonomi di dunia.
Ada beberapa kontroversi atas pengembangan dari keaslian Smith dalam Wealth of Nations. Beberapa berpendapat bahwa karya tersebut hanya menambah sedikit dari ide yang sudah ada sebelumnya dari Anders Chydenius (The National Gain 1765), David Hume dan Baron de Montesquieu. Sebenarnya, banyak teori dari Smith hanya menjelaskan tren sejarah dari merkantilisme dan menuju perdagangan bebas yang mana telah dikembangkan selama beberapa dekade dan memiliki pengaruh signifikan dalam kebijakan pemerintah. Bagaimanapun, juga karya Smith telah merangkum ide secara komperhensif, dan juga menjadi salah satu buku yang paling berpengaruh dan penting saat ini dalam bidang ekonomi.
Karya Besar
John Adam Smith adalah seorang “Bapak Ekonomi” dunia yang telah mencetuskan gagasan tentang dasar – dasar ekonomi modern sebagai titik tolak perkembangan kebangkitan industri dan perdagangan di dunia, yang hasil karyanya masih berpengaruh dalam bidang ekonomi sampai saat ini.
SHARE

Milan Tomic

Hi. I’m Designer of Blog Magic. I’m CEO/Founder of ThemeXpose. I’m Creative Art Director, Web Designer, UI/UX Designer, Interaction Designer, Industrial Designer, Web Developer, Business Enthusiast, StartUp Enthusiast, Speaker, Writer and Photographer. Inspired to make things looks better.

  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
  • Image
    Blogger Comment
    Facebook Comment

0 komentar:

Posting Komentar

luvne.com ayeey.com cicicookies.com mbepp.com tipscantiknya.com kumpulanrumusnya.comnya.com